Wednesday, November 16, 2011

BANGGA MENJADI INDONESIA

Bangga menjadi Indonesia? Tidak salah? atau mungkin yang menulis artikel ini buta melihat kondisi Indonesia? Itulah sedikit komentar yang ada dibenak anda saat membaca judulnya. 

Kita bangsa Indonesia sudah sepatutnya mulai merasa bangga kepada Negara kita sendiri (Indonesia). Tidak sedikit hal yang sudah sepatutnya dapat kita banggakan, tetapi kenapa banyak masyarakat kita tidak menyadari itu? 

Kita lebih sering meng-agungkan Negara lain dengan melirik kelemahan Negara kita sendiri. Tidak jarang kita melihat tulisan ataupun celotehan-celotehan yang meremehkan/mengejek Indonesia seolah-seolah Indonesia tidak bisa apa-apa dan tidak ada apapun yang bisa dibanggakan. Ironisnya, yang mengeluarkan ungkapan tersebut tidak lain adalah masyarakat Indonesia sendiri. 

Emang apa yang bisa dibanggakan dari Indonesia? 

Disaat pertanyaan itu terlontar dari mulut seseorang, kita buru-buru menjawab seakan tidak ada banyak waktu yang diberikan untuk menjawabnya, dengan sedikit sinis yang mengandung ejekan malah menjawab “Bangga karena Indonesia tergolong Negara terkorup”, “Bangga karena Indonesia Negara teroris”, “Bangga karena Indonesia Negara penyontoh”, dsb. 

Saya pribadi tidak membantah dengan tudingan-tudingan seperti diatas, tudingan diatas memang benar adanya. Tapi apakah kita tidak sadar bahwa disebalik itu masih banyak hal yang benar-benar dan sudah sepatutnya kita banggakan? 

Sedikit dari sekian banyaknya hal yang bisa kita banggakan dari Indonesia seperti semakin banyaknya Olimpiade Internasional yang dimenangkan Indonesia, banyaknya budaya kita yang di klaim sebagai punya Negara lain (Budaya yang bisa menarik perhatian masyarakat luas, makanya banyak yang suka), kekayaan alam yang memikat banyak investor, dan lain sebagainya yang kadang tidak kita sadari bahwa itu bisa membanggakan Negara kita. 

Apalagi sewaktu baca di Kompas tentang peluang Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional, kebanggan saya terhadap Indonesia semakin bertambah. Bahasa Indonesia punya peluang untuk menjadi Bahasa Internasional karena Bahasa Indonesia tidak asing lagi di telinga komunitas internasional, khususnya di Negara-negara tetangga. Peluang Bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa internasional dinilai cukup besar apabila dibandingkan dengan barbagai bahasa di Eropa. 

Masih belum berani? 

Setelah membaca sedikit ulasan diatas, mungkin tersirat sedikit ungkapan yang ada dibenak anda, kurang lebihnya seperti ini “Tapi, saya belum berani mengumbar kelebihan Indonesia dengan rasa bangga karena melihat kondisi Indonesia yang sekarang!!!”. 

Kalau memang hal itu terjadi, anda tidak salah kok! tapi anda harus berpacu untuk mengambil bagian dalam mencapai Indonesia yang lebih maju supaya anda tidak takut lagi untuk mengatakan Aku Bangga Menjadi Indonesia. 

Kalau anda tidak berbuat apapun dalam memajukannya, berarti anda sudah puas dengan posisi Indonesia sekarang, jadi anda tidak punya alasan untuk menjatuhkan Indonesia/ tidak bangga terhadap Indonesia. Istilah tegasnya “Indonesia adalah Negara Anda, kalau anda meremehkan Indonesia berarti anda meremehkan diri anda sendiri, kalau anda sudah meremehkan diri-sendiri maka orang lain tidak akan segan meremehkan anda/Negara anda” .

Indonesia bukan punya Pemerintah, dan Indonesia bukan punya sekelompok orang, Indonesia adalah milik kita bersama. So… jadilah orang yang bisa membanggakan Indonesia agar Anda Bangga Menjadi Indonesia.