Saturday, August 15, 2009

Software => Aplikasi vs Sistem Operasi

Nulis sedikit ahh,,,,
Dah 2 hari gak nulis neh!
Hampir dibilangin sombong ma AnDesBar. Masak ditinggalin sampe' 2 coba!!!!

Kali ini saya cuma pingin corat-coret sedikit tentang apa itu Aplikasi dan apa itu Sistem Operasi....??????

Kita sering mendengar atau ngucapin kata itu bukan??????
Bukan sok tau sih, saya udah pernah ngalamin juga.
Waktu ditanyain, Apasih bedanya Aplikasi dengan Sistem Operasi????
Saya paling cuma bisa bengong. Oia,,,pernah sekali saya ngejawab yang sangat sederhana yaitu::::::
Aplikasi => Software pendukung suatu Personal Computer (PC), sedangkan....
Sistem Operasi => Software utama suatu Personal Computer (PC).
Bener gak sih, jawabanku itu???????

Ne ada sedikit kutipan, coba teman-teman bandingin dengan apa yang telah kujawab kemarin-kemarin!!!!!!

Software jenis aplikasi menerima masukan data dari pemakai dan kemudian memprosesnya untuk mencapai suatu hasil. Hasil ini dikenal sebagai keluaran/output. Aplikasi program dirancang untuk melaksanakan suatu fungsi spesifik untuk pemakai atau untuk program aplikasi lain. Contoh aplikasi meliputi pengolah kata, program database, spreadsheet, Web browsers, Peralatan Pengembangan Web, dan disain grafis. Aplikasi Komputer akan dirinci dalam modul ini. Yang ditunjukkan pada gambar, adalah contoh aplikasi umum.
Sistem operasi adalah suatu program yang mengatur semua program lain di dalam sebuah komputer. OS juga menyediakan lingkungan operasi untuk aplikasi yang digunakan sebagai sumber akses pada komputer itu. Sistem operasi melaksanakan tugas dasar seperti mengenali masukan dari keyboard atau mouse, mengirimkan keluaran/hasil ke layar video/desktop, printer, atau modem. The Disk Operating System (DOS), Windows 98, Windows 2000, Windows NT, Linux, Mac OS X, DEC VMS, dan IBM OS/400 adalah contoh dari system operasi komputer.
Sistem operasi adalah dasar khusus, yang berarti mereka dirancang untuk jenis komputer khusus. Sebagai contoh, Sistem operasi Windows dirancang untuk komputer IBM-COMPATIBLE.Mac OS hanya akan bekerja dengan komputer Macintosh. PC dan Macintosh disebut platform. Platform adalah sistem komputer yang dapat digunakan dengan program yang berbeda.
Firmware adalah suatu program yang dilekatkan dalam sebuah chip silicon daripada menyimpan pada sebuah disket. Perubahan apapun baik pada perangkat keras maupun dapat menyebabkan firmware menjadi ketinggalan jaman. Hal ini dapat mendorong kearah kegagalan alat, kegagalan sistem, atau kehilangan data. Sekarang, Firmware bersifat Flashable, yaitu firmware dapat diupgrade, atau diflash.

Itulah yang udah saya baca,,,,,
Mudah-mudahan teman-teman ikut ngebaca tadiiiiiiiiii................