Saturday, April 10, 2010

ANALISIS OPERASI PENANGKAPAN IKAN DENGAN KAPAL PURSE SEINE DITINJAU DARI KECEPATAN SETTING DAN HAULING TERHADAP HASIL TANGKAPAN DI PERAIRAN SELAT BALI BANYUWANGI

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ikan pelagis merupakan jenis ikan perenang cepat dan tergolong kedalam ikan yang paling agresif yang bergerombol. Ini berarti bahwa dalam penangkapan ikan jenis pelagis ini memerlukan kecepatan Setting dan Hauling guna mencegah ikan lari/berenang keluar dari lingkaran jaring yang akan ditebar. Sifat ikan pelagis yang bergerombol (Schooling) sangat tepat dan efektif apabila penangkapannya dilakukan dengan cara melingkari jaring pada gerombolan ikan pelagis.

Pukat cincin (Purse Seine) adalah alat penangkap ikan berbentuk hampir segiempat hingga trapesium yang terbentuk dari sejumlah gabungan lembaran webbing yang dipasangkan pada tali pelampung (float line) dan tali pemberat (lead line), dilengkapi dengan tali kerut (purse line) dan sejumlah cincin (purse ring). Pukat cincin merupakan jaring yang sangat lebar yang melingkari atau mengurung gerombolan (Schooling) ikan. Alat tangkap Purse Seine cukup produktif dan tergolong alat tangkap aktif. Pengoperasian alat tangkap Purse Seine dilakukan dengan cara melingkarkan jaring pada gerombolan ikan sehingga ikan yang terkepung tidak bisa melarikan diri dan tertangkap. 

Dalam melakukan operasi penangkapan menggunakan alat penangkap ikan dengan Purse Seine, ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam penangkapan ikan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Yang tergolong kedalam faktor internal adalah sumber daya manusia (SDM), kapal dan alat penangkap ikan (jaring). Sedangkan yang tergolong kedalam faktor eksternal adalah arus, angin dan gelombang. Sedangkan kecepatan Setting dan Hauling dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan kapal.

Hasil tangkapan ikan akan meningkat apabila kedua faktor tersebut mendukung dalam melakukan operasi penangkapan ikan. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan operasi penangkapan ikan dapat dioptimalkan dengan cara memperhatikan dan memaksimalkan kinerja dari faktor internal. Diskripsi di atas menunjukkan bahwa perlu adanya penelitian tentang analisis faktor internal kapal penangkapan ikan dengan menggunakan alat penangkap Purse Seine ditinjau dari kecepatan Setting dan Hauling di perairan Muncar.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun batasan-batasan masalah yang dapat di rumuskan dalam penelitian ini yaitu:
1. Bagaimana hubungan kecepatan Setting terhadap hasil tangkapan?
2. Bagaimana hubungan kecepatan Hauling terhadap hasil tangkapan?
3. Faktor apakah yang paling berperan terhadap keberhasilan operasi penangkapan?

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Mengetahui hubungan antara kecepatan Setting terhadap hasil tangkapan.
2. Mengetahui k ecepatan Hauling terhadap hasil tangkapan.
3. Mengetahui faktor yang paling berperan antara Setting dan Hauling terhadap keberhasilan operasi penangkapan dengan menggunakan alat penangkap Purse Seine.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Sebagai bahan kajian lebih lanjut dalam pengembangan perikanan.
2. Sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan tentang pengoperasiann alat penangkap Purse Seine ditinjau dari kecepatan Setting dan Hauling.
3. Digunakan sebagai sumber informasi, khasanah wacana kepustakaan serta dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.

By. Zainal Sumardi