Tuesday, May 11, 2010

Sound Laptop Acer Aspire 4720z Bermasalah

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman bodoh yang saya lakukan untuk laptop teman, yaitu Acer Aspire 4720z yang bermasalah bagian sound-nya. Masalah yang terjadi pada soundnya yaitu ketika memutar musik, suaranya kadang- kadang kecil dan tiba- tiba gede dengan sendirinya bahkan terkadang ada suara kresek-kresek semacam konslet.


Kenapa laptop teman terus ya??? Hehehheheee,,,, maklum aja, laptop sendiri juga belum punya! Ahh… gak usah terlalu banyak cerita tentang saya, kalau mau langsung temuin aja orangnya. 


Kendala yang saya ceritakan tadi, ada sekitar satu bulan yang lalu-lah awalnya. Tapi pada saat itu belum terlalu parah.


Untuk menyembuhkan sakitnya, sudah pernah mencoba beberapa cara yang pernah saya ketahui baik pengalaman dulu atau cerita orang lain dan abang sepupu yang selama ini jadi tempat konsul bagi saya jika ada kendala tentang komputer yang saya gak tau. Pada sakit kali ini saya sudah pernah mencoba mulai dari update driver sound, install ulang windows sekaligus membersihkan semua drive dari virus tapi hasilnya nihil. Alhamdullah setelah mencoba beberapa cara dan hasilnya negative, semangat saya masih tetap ada. Hehehehheeee,,,, semangat terusss bok….


Puncaknya kemaren, semua drive saya format hingga benar-benar bersih dan coba dengan menginstal Windows 7. Beuuuhhhhhhhhhhhhh,,,,, hasilnya masih tetap gak bisa.
Sebenarnya dari awal saya punya feeling kalau rusaknya itu pada bagian sound cardnya (hardware) tapi apa nak cakap (Melayu pung bahasa). Saya gak punya bahan untuk mencobanya. Kebetulan hari itu juga saya instal netbook teman yang baru dibeli, tak bilangin kendala yang sedang menimpa saya (yee,,, bahasanya keren euy). Syukur dia punya tanggapan yang lumayan menguntungkan, katanya ada teman dia dan teman saya juga yang punya sound card eksternal. Tanpa pikir panjang, saya langsung menghubungi teman itu dan Alhamdulillah punya katanya.


Sreghh,,,,, meluncur ke TeKaPe dan langsung dicoba!
Apa yang terjadi coba???? Suaranya normal kembali euy….
Hhheheeeee,,,,, seneeengnya!!!!!!