Friday, June 19, 2009

Desaku>>>>Blang Mee Barat

Kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang kampung asal saya. Setidaknya ada muncul-lah di Internet Nama Blang Mee Barat (Nama Kampung Tercinta Saya). Memang udah lama saya punya niat begini tapi baru kali ini niat itu terealisasi.
He,,,he….(Semacam Program Pemerintah -Terealisasi).
Saya bangga banget menjadi anak Blang Mee Barat, Walaupun Desa saya itu gak tenar semacam desa-desa yang ada di Jakarta/Pulau Jawa umumnya.

Dari kebanggaan itu juga kenapa Blog dan Email saya ada kata AnDesBar-nya!
Sebenarnya kata AnDesBar itu diciptakan oleh teman saya, ntah dia masih pake’ nama AnDesBar itu! Yang jelas saya gak mau munafik, AnDesBar itu bukan ciptaan saya sendiri kok!
AnDesBar sendiri merupakan Anak Desa Blang Mee Barat.

Menurut cerita,,,,,,!!!!!!
Yang saya tau, silsilah keluarga saya merupakan salah satu penduduk yang paling lama menetap di Desa Blang Mee Barat yaitu mulai dari Orang Tuanya Kakek saya (Panggilanya Uyut ya???) sampe’ sekarang dan kemungkinan sampe’ kedepan kali ya!!!!! Bahkan sekarang ada satu lorong yang ditempati umumnya oleh keluarga Adam semua. Nah, itulah nama Uyut saya “Adam” . semacam Nama Nabi/Manusia Pertama di dunia kan????

Blang Mee Barat merupakan salah satu Desa yang ada dalam Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan masih dalam Kesatuan Republik Indonesia (cukup lengkap nampaknya,,,).

Perbatasan Desa Blang Mee Barat yaitu:
Sebelah Baratnya berbatasan dengan Desa Lancok Ulim
Sebelah Utaranya berbatasan dengan Desa Matang Nibong
Sebelah Timur nya berbatasan dengan Desa Keude Jeunieb
Dan Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Cot Geuleumpang Baroeh
Desanya termasuk kecil kok! Penduduknya sekitar 800 lebih dengan Kepala Keluarga kurang-lebih 168 KK. Masyarakatnya masih kental dengan system Gotong Royang, adat/kebiasaan dan agama. Mata pencaharian warganya masih sekitar bertani, nelayan, tukang bangunan/kontraktor, home industry, serta Pegawai Negeri.

Sistem pemerintahan yang berjalan yaitu mulai dari atas aya……
Geucik-Tuha Peuet-Tuha Lapan-Sekdes-Kepala Urusan Pemerintahan-Kepala Urusa Umum-Kepala Urusan Pembangunan dan Kepala Dusun.

Infrastruktur dan lembaga didalamnya lumayan memadai lhoe….
Bagian Infrastruktur misalnya, drynase dan jalan sudah lumayan bagus. Jalannya ada sebagian yang sudah di aspal serta sebagian drynasenya sudah beton. Untuk lembaga lumayan juga, ada lembaga pendidikan umum serta lembaga pendidikan agama. Untuk Pendidikan Umum yaitu SDN 1 dan 9 Jeunieb, SLTP Terbuka Babussalam, Serta SMKN 1 Jeunieb. Sedangkan bagian Agama selain dari Balai Pengajian desa, ada juga Pondok Pesantren Babussalam Putri dan Babussalam Al-Aziziyah Putra yang dikelola oleh satu keluarga dan merupakan keluarga panutan bagi masrarakat Blang Mee Barat khususnya.

Sekilas Pandang Desa Blang Mee Barat

















Kalau kapan-kapan nyasar ke Blang Mee Barat atau ada tugas bahkan mungkin sekedar jalan-jalan, boleh kok mampir di Istana-ku! Dijamin orangnya pasti ramah-ramah.