Friday, June 19, 2009

ORGANISASI KOMPUTER

Kali ini saya akan mencoba membagi sedikit materi tentang pengorganisasian dalam sebuah Unit Sistem computer, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman. Bahasan ini merupakan campuran pengetahuan dengan materi yang saya punya. Jadi, nantinya kalau ada sedikit yang kurang faham kata-kata ataupun penjelasannya, tolong dimaklumi ajalah! Saya juga masih belajar dan masih minim banget pengetahuan tentang computer .
Suatu Perangkat Komputer biasa terdiri-dari Central Processing Unit, Peralatan input dan output, Memori utama , Secondary memory dan Instruksi computer.

Central Unit atau Sering dikatakan dengan Unit Sistem merupakan sebuah kota yang didalamnya terdapat komponen-komponen elektronik computer yang berfungsi sebagai pengatur kerja sebuah perangkat komputer. Adapun komponen-komponen yang terdapat didalamnya seperti Processor, Memory module, Expansion cards (Sound card, Modem card, Video card, Network interface
card), dan Ports and Connectors. Coba lihat pada gambar biar lebih jelasssss,,,,


Semua komponen-komponen diatas ditancapkan pada sebilas motherboard yang dapat diartikan sebagai Papan sirkuit utama dalam unit sistem yang Mengandung chip, integrated circuits, dan transistors atau Dinamakan juga system board.


Central Processing Unit (CPU) merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi yang mengoperasikan computer yang sering disebut dengan Processor. Memory adalah Area penyimpanan sementara untuk sistem operasi, program aplikasi dan data, lebih tenarnya Random Acces Memory (RAM)yaitu Chip memory yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor .
Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama :
• Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
• Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
• Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
• Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.


Letak Port pada sebuah CPU



Tipe-tipe Konektor