Tuesday, July 14, 2009

PENGERTIAN JENIS – JENIS KAPAL

Bagi teman-teman yang memerlukan informasi tentang jenis-jenis kapal, mungkin postingan ini bisa bermanfaat. Ini sebenarnya tugas yang diberikan oleh dosen Nautika Perikanan Laut (NPL). Semoga sesuai dengan harapan teman-teman ::::

TONGKANG merupakan sebuah benda yang dapat bergerak di air atau di Perairan dengan bantuan kapal lain (tak boat). Tongkang pada umumnya mengangkut bahan curah seperti pasir, batu bara dan lain sebagainya.




KAPAL TUNDA merupakan kapal yang digunakan untuk menunda atau menarik kapal tongkang dan kapal lainnya yang biasanya di gunakan untuk menarik kapal yang mengalami kerusakan di laut.



KAPAL UAP merupakan kapal yang digerakkan oleh mesin tenaga uap.





KAPAL MOTOR merupakan kapal yang dapat bergerak dengan menggunakan motor atau mesin bakar.




KAPAL LAYAR merupakan kapal yang digerakkan oleh layar atau alat penggerak utamanya mengandalkan tiupan angin yang di padukan dengan layar sehingga kapal tersebut dapat bergerak.



KAPAL NELAYAN LAUT merupakan kapal yang digunakan oleh sekelompok Orang atau Badan Hukum yang bermata pencaharian Nelayan dan kapal tersebut diperuntukkan untuk sarana usaha dan pada umumnya kapal nelayan ini berukuran kurang dari 20 meter3.




KAPAL PESIAR merupakan suatu kapal yang digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan liburan maupun untuk pariwisata atau dengan kata lain kapal lain yang diperuntukkan untuk bersenang – senang menikmati keindahan laut.



KAPAL PENUMPANG merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut Penumpang atau fungsi utama dari kapal penumpang ini yaitu
mengangkut penumpang baik itu yang mencakup dalam negeri saja maupun mencakup ke dunia manca negara.


KAPAL BARANG merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut barang atau kapal yang fungsi utamanya mengangkut barang baik itu untuk tujuan komersil maupun tujuan yang lainnya.


KAPAL TANKI merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut benda cair seperti minyak, gas dan sebagainya dan kapal tanki tersebut telah dikontuksi secara khusus untuk mengangkut benda cair.




KAPAL NUKLIR merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut nuklir atau kapal yang digerakan dengan tenaga nuklir.




KAPAL PEDALAMAN / KAPAL PERAIRAN DARAT merupakan kapal yang digunakan di sekitar wilayah pedalaman dan biasanya kapal memilki ukuran yang kecil karena letak operasi atau kegiatannya di perairan dangkal seperti pada Sungai – sungai, Danau maupun Waduk dan perairan dangkal lainnya.


KAPAL PERANG merupakan kapal yang dikontruksi secara khusus yang digunakan untuk berperang atau kapal yang digunakan untuk kegiatan kemiliteran seperti latihan tempur dan Patroli serta untuk kegiatan perang yang sebenarnya.


KAPAL LAYAR DENGAN TENAGA BANTU merupakan kapal yang bukan hanya digerakkan oleh layar saja tetapi juga kapal yang digerakakn dengan bantuan tenaga bantu seperti mesin atau sebaliknya kapal yang bukan hanya digerakkan oleh tenaga mesin tetapi juga digerakkan oleh bantuan layar dengan alasan tertentu seperti untuk penghematan bahan bakar.




KAPAL YANG DIGERAKKAN DENGAN TENAGA MESIN merupakan kapal yang digerkakan oleh tenaga mesin atau kapal yang penggerak utamanya adalah tenaga mesin.
KAPAL KERUK merupakan kapal yang digunakan untuk mengeruk atau kapal yang secara khusus dan dikontruksi secara khusus untuk melakukan kegiatan pengerukan di wilayah perairan tertentu.