Friday, February 28, 2020

Tanggung Jawab Manajer Keuangan Perusahaan

Tanggung Jawab Manajer Keuangan Perusahaan
Sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Keuangan merupakan keputusan keuangan yang menjadi tanggung jawab manajer keuangan menyangkut dengan investasi, pendanaan, dan manajemen aktiva.  Kali ini Bang Zabar Trending akan kembali menulis tentang tanggung jawab serta tugas seorang manajer keuangan. 

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Manajer keuangan bertanggung jawab penuh pada keuangan perusahaan dan mengambil keputusan penting dalam suatu investasi dan pembelanjaan perusahaan. Tugas manajer keuangan yang paling utama adalah merencanakan pengadaan dan penggunaan dana, guna memaksimumkan nilai perusahaan. Dengan kata lain manajer keuangan menentukan sumber- sumber dana dari beberapa alternative yang tersedia dan menggunakan dana tersebut (how to raising of funds and how to allocated funds). Beberapa hal yang menyangkut dengan kegiatan ini adalah sebagai berikut : 

1. Peramalan dan perencanaan. 

Manajer keuangan harus berinteraksi dengan eksekutif lainnya dalam memperkirakan masa depan perusahaan dan menetapkan rencana bersama untuk menentukan posisi masa depan perusahaan. 

2. Keputusan dalam investasi dan pembiayaan. 

Sesuai dengan rencana jangka panjang, manajer keuangan harus menyediakan dana/modal guna mendukung pertumbuhan perusahaan. Perusahaan yang berhasil biasanya memperoleh tingkat penjualan yang tinggi, yang membutuhkan penambahan investasi pabrik, peralatan, dan aktiva lancar yang diperlukan untuk menghasilkan barang dan jasa. 

Manajer keuangan harus membantu penentuan tingkat pertumbuhan penjualan yang optimal dan pengambilan keputusan atas investasi spesifik yang akan dilaksanakan serta penentuan jenis dana yang akan digunakan untuk membiayai investasi tersebut. Harus dipertimbangkan keputusan tentang penggunaan dana internal atau eksternal, dari 
hutang atau dari ekuitas, dan dari hutang jangka panjang atau hutang jangka pendek. 

3. Pengkoordinasian dan pengendalian. 

Manajer keuangan harus bekerja sama dengan eksekutif bidang lain agar perusahaan 
beroperasi seefisien mungkin. Semua keputusan bisnis mempunyai implikasi keuangan, dan semua manajer, baik manajer keuangan dan manajer fungsional perusahaan lainnya (manajer pemasaran, manajer produksi, manajer personalia) harus memperhitungkan hal ini. 

4. Interaksi dengan pasar modal. 

Manajer keuangan harus berurusan dengan pasar uang dan pasar modal. Setiap perusahaan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bursa efek (pasar uang dan pasar modal) sebagai tempat tersedianya dana, tempat sekuritas perusahaan diperdagangkan, dan sebagai tempat investor mendapat untung atau rugi. 

Itulah 4 (empat) tanggung jawab manajer keuangan yang dikutip dari Buku Manajemen Keuangan oleh Dr. Dedy Takdir Syaifuddin, SE. M.S