Wednesday, September 26, 2012

TRIK INSTAL DRIVER YANG REWEL

Trik ini timbul pada saat sudah pusing install driver vga pada laptop Toshiba Satellite m200 yang menggunakan Operating System (OS) Windows XP SP2. Driver VGA, Wlan, dan Lan yang tersimpan di drive laptop yang saya install tidak mendukung, mau tidak mau karena saya seorang tukang servis harus bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan.

Browsing kesana- kemari belum juga saya dapetin driver yang cocok, akhirnya saya coba trik yang pernah saya posting yang berjudul DOWNLOAD DAN UPDATE DRIVER LEWAT DEVICE MANAGER, syukur dapat driver yang cocok. 
Sekarang, giliran install driver yang tadi didownload.

Pada saat install Wlan dan Lan lancer- lancar aja, giliran install VGA malah pesannya bla-bla-bla (maklum tulisan inggris, jadi saya gak hafal) intinya tidak bisa dilanjutin penginstalan driver VGA nya. 
Duduk bingung karena VGA tidak bisa diinstal sudah pasti dan sesekali garuk kepala sambil mikir. Akhirnya saya coba cara bodoh yang mujarab, yaitu mengekstrak file exe dengan mengandalkan winrar.
Ekstrak File Exe

Setelah file exe terekstrak, kemudian masuk update driver via device manager, pilih perangkat yang hendak dinstal drivernya (karena tadi masalah pada VGA, saya pilih pada monitor yang masih ada tanda seru kuning), Klik kanan dan pilih update driver, kemudian pindahin tanda bulat ke install from a list or specific location (advanced) dan next, pindahin lagi tanda bulat ke Don’t search. I will chose the driver to install, klik pada Have Disk, pilih Browse, arahin ke folder yang diekstrak tadi 
Cari Lokasi Folder yang Diekstrak

dan buka folder Graphics, 
Lokasi File Inf ung Diinstal
Kemudian klik open yang otomatis bila memang driver itu cocok akan terinstal dengan sendirinya.

Sekian dulu, kalau ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar.