Friday, January 10, 2020

Iran Yang Tak Dikenal

Source Kompas
Waktu saya jalan-jalan ke Turki dengan sebuah biro travel, iseng-iseng saya tanyakan ada tidak paket ke Iran? Dijawab oleh guide travel tersebut bahwa Iran negara yang tidak aman dan bironya tidak memiliki jalur ke negara tersebut.

Kemudian, dua tahun berjalan, saya niatkan untuk ke Iran. Melihat dengan mata kepala sendiri. Saya tidak menemukan apa yang disampaikan oleh agen perjalanan tersebut. Perjalanan yang menyenangkan dan penuh kenangan.

Kini, Iran vs Amerika (AS) menjadi sorotan dunia. Setelah kematian Jendral Top Iran Qosem Soleimani akibat rudal AS pada Jumat (3/1/2020). Hampir semua orang berbicara dengan sudut pandang masing-masing. Presiden Donald Trump juga mengancam Iran akan menghancurkan situs-situs yang dimiliki Iran, lewat Twitter. Pemerintahan Trump dan pendukungnya telah merendahkan manusia dan rakyat Iran.

Berikut adalah beberapa fakta tentang Iran yang diharapkan sedikit membantu menjelaskan:
  1. Iran adalah negara besar dengan populasi lebih dari 80 juta orang.
  2. Iran adalah salah satu tempat lahirnya peradaban besar.
  3. Iran memiliki beberapa kota dan artefak paling kuno di dunia, termasuk lebih dari 24 situs yang diakui oleh UNESCO - lebih dari negara mana pun di dunia dan hingga kini tetap terjaga.
  4. Iran adalah rumah bagi populasi Yahudi terbesar kedua di dunia di luar Israel, dengan lebih dari 60.000 Yahudi Iran yang tinggal di Teheran saja.  Mereka mencintai negara mereka, mempraktikkan agama mereka secara bebas dan terwakili dengan baik dalam pemerintahan Iran.
  5. Iran adalah rumah bagi hampir satu juta orang Kristen yang mencintai negara mereka, yang terwakili dengan baik di dalam pemerintah Iran dan menjalankan agama mereka secara bebas.
  6. Minoritas agama lainnya termasuk Bahai dan Zoroaster, tetapi mayoritas negara adalah Muslim Syiah sebagian kecil Muslim Sunni.
  7. Warga negara Iran berpendidikan tinggi dan diyakini paling berpendidikan di seluruh Timur Tengah.
  8. Iran memiliki lebih banyak wanita di Parlemen daripada kebanyakan negara Barat, saat ini ada 17 kursi.
  9. Iran juga memiliki salah satu lulusan ilmu pengetahuan dan teknik tertinggi dalam tingkat PhD di antara pria dan wanita di dunia, dan tingkat PhD tertinggi untuk wanita di dunia.
  10. Iran memiliki cadangan gas terbesar di seluruh Timur Tengah, dan memiliki cadangan minyak yang besar.
  11. Pada 1979, Iran menggulingkan diktator Shah yang didukung AS melalui revolusi yang menolak neokolonialisme dan kapitalisme yang monopolistik.
  12. Sanksi terhadap Iran memiliki efek yang tak terduga mengubah negara menjadi produsen mobil dan pertahanan utama, bersaing dengan negara-negara seperti Cina dan AS.
  13. Masakan Iran benar-benar nikmat.  Silakan coba koobideh dan tomatoe panggang dengan kunyit nasi.
  14. Lanscape Iran beragam dan sangat indah.
  15. Orang Iran adalah orang yang paling disalahpahami di dunia. Mereka baik, murah hati dan mungkin orang-orang terbaik yang pernah Anda temui.


Ini hanya 15 fakta sederhana tentang Iran. Ada banyak lagi yang bisa dikatakan tentang negara ini dan rakyatnya sama seperti bangsa lain dan rakyat mereka di mana pun di dunia. Apakah Iran sempurna? Tidak. Seperti halnya negara lain, Iran menghadapi masalah serupa yang kita hadapi, tetapi itu tidak memberi kita atau negara lain hak untuk menyerang seluruh negara seperti yang telah dilakukan Washington.

Diadaptasi dari mintpress