PENANGANAN BAHAN BAKU PANGAN SECARA SANITER

Posted by Zabar Yunus On Sabtu, 27 Februari 2010 0 komentar

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai pangan bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan atau pembuatan makanan atau minuman.

Bahan baku adalah segala macam bahan dari hasil pertanian ataupun yang lainnya yang menjadi komponen-komponen dasar dalam pengolahan pangan dan produk pangan. Sanitasi pangan adalah upaya pencegahan terhadap kemungkinan bertumbuh dan berkembangbiaknya jasad renik pembusuk dan patogen dalam makanan, minuman, peralatan,dan bangunan yang dapat merusak pangan dan membahayakan manusia. 

Diharapkan dengan adanya penerapan sanitasi ini akan diperoleh bahan pangan yang sehat dan aman. Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan fisik yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia
sanitasi yang higienis mulai dari pemilihan bahan baku sampai di outlet tempat penjualan produk perlu diperhatikan. Sanitasi ini mulai di pekerja harus yang bersih dan sehat, peralatan produksi dan penyajian, lingkungan produksi dan outlet harus terang dan bersih, terhindar dari binatang peliharaan dan binatang kotor. Saluran pembuangan limbah harus lancar dan terhindar dari kesan jorok dan terakhir haruslah menggunakan air bersih sesuai persyaratan dan tersedia dalam jumlah yang cukup.

Tujuan umum adalah menghasilkan pangan yang bermutu, aman dikonsumsi, dan sesuai dengan tuntutan konsumen baik konsumen domestik maupun intemasional. Tuiuan khusus adalah :
  1. memberikan prinsip-prinsip dasar dalam memproduksi pangan yang baik
  2. mengarahkan IRT agar dapat memenuhi berbagai persyaratan produksi yang baik seperti persyaratan lokasi, bangunan, dan fasilitas peralatan produksi, pengendalian hama, hygiene karyawan, pengendalian proses, dan pengawasan

Semoga artikel PENANGANAN BAHAN BAKU PANGAN SECARA SANITER bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Poskan Komentar