Friday, January 17, 2020

2 Pelajaran Tentang Cacing Sutra (Tubifex)

Bersihin atau pisahin cacing sutra dari lumpur
Hari ini saya belajar dari cacing sutra (Tubifex). Dari kemarin saya bingung cari cacing darah (cacing sutra) untuk pakan larva lele, karena disini belum ada yang jual terpaksa cari sendiri di parit-parit. Cari ke parit yang biasa kami ambil gak ada karena airnya lagi banyak. Akhirnya kita pindah tempat  yang lebih jauh, dapet walaupun gak seperti biasa.

Kali ini kita dapet cacing sutra yang gak ngumpul. Kalau dilihat cacing sutranya banyak, tapi gak ngumpul seperti yang pernah kita ambil. Kalau ditempat yang biasa kita ambil cacingnya sudah muncul ke permukaan dan menumpuk, sedangkan kali ini cacingnya masih dalam lumpur cuma kelihatan ujungnya tok berayun-ayun seperti terumbu karang di dasar laut. Karena sudah capek keliling tapi cacing yang udah ngumpul di permukaan gak juga dapat, terpaksa kita ambil sekaligus lumpurnya yang banyak.
Biasanya setelah disimpan semalaman dalam blong, cacing akan ngumpul di permukaan membentuk tumpukan- tumpukan kecil jadinya gampang untuk dibersihin. Tapi kali ini, cacing-cacing itu tidak mau muncul ke permukaan dan ngumpul, sampai akhirnya saya coba cuci sedikit lampunya dengan cara masukin air kemudian dibuang lagi dan ditutup selama 3 jam dan hasilnya masih nihil😢😜.

Setelah nunggu 3 jam hasilnya masih nihil, kita coba lagi masukin air dan diaduk perlahan, sambil ngaduk saya perhatiin ada tumpukan cacing yang lengket di dinding blong. Sedangkan yang tidak mau ngumpul (bersatu) akan terbawa seiring adukan tadi. Pelajaran yang saya dapat dari cacing sutra hari ini yaitu:

  1. Dengan bersatu, kita akan lebih kuat dalam menghadapi segala macam arus dan tantangan
  2. Walau kita hidup ditempat yang hina sekalipun, disaat kita bisa bermanfaat maka orang akan mencari kita. 
Itulah pelajaran yang saya dapat dari mencari cacing sutra kali ini. Sedangkan pelajaran untuk bikin cacing sutra ini biar ngumpul malah gak dapet sampe postingan ini keluar. 😭🙂. 
Baca juga; PENANGANAN IKAN
Kalau ada teman-teman yang sudah berpengalaman buat misahin cacing sutra dengan lumpur, tolong bagi ilmunya di kolom komentar. Terima kasih